Pentingnya mempunyai berbagai macam konektor dan pengetahuan device


Kemarin tanggal 20 Desember 2017, ada pengajian rutin bulanan di tempat saya bekerja. pihak rohis masjid mendatangkan KH. Bahctiar nasir, LC seorang ustad yang saya idolakan. Karna diperkirakan jamaah yang hadir begitu besar atau banyak, pengurus masjidpun meminta dari pihak IT memasang kamera dan menampilkan ke layar proyektor.

Singkat cerita, berbagai peralatan pun saya bawa menuju masjid. 2 proyektor, 2 Layar, 1 Kamera beserta stand cameranya. Stand camera saya dirikan & kamerapun saya pasang, proyektor & layar saya pasang juga, tak lupa kabel HDMI panjang saya siapkan. sekarang waktunya saya untuk menguji kamera apakah dapat menampilkan gambar ke layar proyektor.

UJI COBA
Karna saya baru pertama setting kamera untuk menampilkan ke layar proyektor, saya menggunakan kamera Sony 4K Handycam FDR-AX40 saya belum tau jika dari kamera ke proyektor yang disambung menggunakan kabel VGA atau HDMI harus menggunakan sebuah konektor, karna pada kamera outputnya adalah microHDMI sehingga saya membutuhkan konektor microHDMI to HDMI.
Rupanya di IT pun tidak ada konektor micorHDMI to HDMI sehingga saya pun meminjam ke teman. tak hanya itu, dari konektor micorHDMI to HDMI membutuhkan konektor lagi untuk menghubungkan ke kabel HDMI, jadi HDMI male ke HDMI female

Dari kamera menuju kabel HDMI sudah selesai, sekarang giliran menghubungkannya proyektor, setelah saya lihat rupanya diproyektor tida ada port HDMI adanya sehingga saya harus menggunakan konektor HDMI to VGA


 
Pemasangan pun sudah selesai, sekarang waktunya menguji apakah proyektor dapat menampilkan gambar dari kamera. Saya memasang kabel power pada proyektor kemudian mencolokan ke stop kontak untuk memberi daya listrik pada proyektor, menekan tombol power pada proyektor untuk menghidupkan proyektor. Cahaya pada proyektor sedikit demi sedikit menyala dan ternyata pesan output pada proyektor adalah searching yang artinya proyektor tidak dapat mendeteksi adanya input device. Saya pun berfikir kenapa tidak ada input apakah terjadi kendor pada pada kabel atau konektor?, 

SOLUSI
semua konektor saya kencangkan kembali tapi belum juga terdeteksi pada proyektor. mencoba berfikir dengan tenang, dan menggoogling, jawabanpun saya temui bahwasanya proyektor yang saya gunakan tidak dapat mengampu input dari kamera karna resolusi kamera terlalu besar. Saya mencoba mensetting dari sisi kamera untuk menurunkan resolusi tapi rupanya settingan resolusi sudah paling rendah, ada solusi lain yaitu menggunakan video mixer yang dapat mengatur resolusi kamera tapi karna waktu yang sudah mepet saya pun memilih untuk mengganti proyektor yang sudah suport HDMI dan tentunya resolusinya pun lebih tinggi.

KESIMPULAN 
dari pengalaman diatas saya menyimpulkan, bahwa sangat penting seorang IT mempunya berbagai macam konektor karna kemungkinan sangat dibutuhkan, pengetahuan atas device yang digunakan pun harus diperhatikan sehingga dapat menangani jika terjadi permasalahan.

Posting Komentar