Evolusi dan Perkembangan komputer


Komputer generasi pertama diperkirakan dikembangkan pada tahun 1945.-1957. kompnen utamanya adalah vacuum tube. yang termasuk pada komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numeriacal Integrator And Computer), berat komputer ini berat mencapai 30 ron dan volume 15000 ft2, dan berisi lebih dari 18.000 tabung vakum, dan membutuhkan daya listrik 140 kilo watt. Komputer generasi mampu melakukan 5000 operasi penambahan perdetik.

Salah satu consultan pada proyek ENIAC adalah Jhon Von Neumann seorang ahli matematik, yang lahir 28 Desember 1903 di Budapest, Hungaria. Beliau yang memberikan kontribusi penting di bidang fisika kuantum, analisis fungsional, teori himpunan, ilmu komputer, ekonomi dan bidang lainya yang berkaitan dengan matematika. Jhon Von Neumann juga perancang komputer EDVAC (Elektronik Discrete Variable Computer) pada tahun 1945. Selain itu jhon von neuman juga perancang komputer IAS (Institute for Advance Studies) di Princeton University USA yang berbasis "Stored Program Concept" pada tahun yang sama. Beliau juga pencipta "Stored Program concept", yaitu konsep arsitektur komputer modern yang terdiri dari 3 prinspip utama:

1. data dan instruksi dapat disimpan didalam suatu lokasi yang yang disebut "memory"(read/write). Maksutnya disini adalah bahwa didalam memory harus dapat menginstruksikan read/write
2. Memory dapat diakses berdasarkan "address" lokasinya. Setiap memory mempunyai alamat supaya dapat dituju oleh data, address ini bersifat unique(tidak boleh sama)
3. Program dieksekusi secara sekuensial atau berurutan dari satu instruksi ke instruksi berikutnya.
karna konsep inilah Jhon Von Neumann dijuluki bapak komputer modern atau pionir digital komputer modern. kenapa modern karna walaupun konsepnya diciptakan sudah sangat lama tapi masih dipakai sampai sekarang.

Komputer Generasi Kedua.
Komputer generasi kedua diperkirakan dikembangkan pada tahun 1958-1964. Komponen utama komputer generasi ini adalah transistor, operasi perdetiknya mencapai 200.000 perdetik. Kapasitas penyimpanan data dan intruksi jelas lebih besar dari generasi pertama. ukuranya pun lebih kecil.daya operasional dan dimensi fisik yang semakin lebih kecil pada generasi ini sudah menggunakan bahasa pemograman assembly yang menggunakan singkatan singkatan untuk mengganti bahasa biner(kode yang untuk membaca bahasa mesin. pada generasi ini diperkenalkanlah multiplexor(alat atau komponen elektronik yang dapat memilih masukan atau input yang akan diteruskan kebagian keluaran. dan untuk dari keluaran dikembalikan ke masukan dinamakan demultiplexor generasi ini juga adanya pemisah antara internal intruksi dan eksternal intruksi. komunikasi antara CPU dan I/O Controler menggunakan teknik interupsi. Contoh komputer generasi 2 adalah 
IBM Seri 7000, IBM Seri 7090, IBM 7094 I, IBM 7094 II.


Sementara sekian dulu, nanti di update lagi hehe

Sumber: 

Posting Komentar