Chace Memory




Chace Memory adalah memory atau tempat penyimpanan pada komputer yang ukuranya kecil dan bersifat sementara. Walaupun ukuranya kecil tapi memory ini sangat cepat. Memory ini terletak antara Main Memory dengan CPU, atau bisa juga diletakan dalam chip CPU atau modul tersendiri.


Chace memory juga biasa disebut dengan Static RAM. Kecepatan akses data static RAM sangat cepat, tidak ada Refresh Cycle (Penyegaran), Terbuat dari transistor bipolar. Static RAM juga cepat panas (Boros energi). Aplikasi pada static RAM antara lain Register, CPU, Chace Memory.

Cara kerja Cache Memory.

Saat CPU butuh data, maka akan mencari di cache jika ketemu maka dinamakan presentase keberhasilan. Jika saat CPU tidak menemukan data pada cache maka harus mencari pada di Main Memory atau RAM dan dinamakan presentase keberhasilan. Dan CPU yang bagus, presentase keberhasilanya lebih banyak dibandingkan dengan presentase  kegagalan.

Kapasita cache adalah 1/1000 seperseribu dari RAM, karna kapasitasnya seperseribu maka data yang ditarik ke cache dari RAM harus mempunyai tetangga yang pernah ditarik oleh cache. Data tersebut terlebih dahulu direferensikan kedalam cache memory. Prinsip ini disebut “Prinsip Tetangga Terdekat”.

Lecel Pada Chace.
Ada 3 Level:
1. L1: Primary Cache:
Sifat: Ukuran kecil: 2 M – 512MB.
Akses paling cepat.
Bersifat menyatu dengan CPU (On-Chip).

2. L2: Secondary Cache
Sifat: Ukuran lebih besar dari 2 MB.
  Menyatu dengan CPU (On-Chip)

3. L3: Tertiary
Sifat: Ukuran lebih besar dari 4 MB
Eksternal (Off-Chip)


Posting Komentar